Minggu, 07 Februari 2010

install slackware

Instalasi slackware :

1. booting komputer ke cd untuk memulai instalasi
2. setelah tampil beberapa tulisan petunjuk dan boot prompt
boot:
tekan saja enter
3. maka kernel slackware akan terload ke memory, pada tahap ini biarkan saja cd instalasi yang bekerja.
4. setelah selesai akan tampil prompt login, ketik saja sesuai petunjuknya yaitu root
beserta passwornya yaitu toor
5. maka slackware akan selesai ter-load ke memory tapi belum terinstall. terlebih dahulu kita harus menentukan partisi-partisi untuk instalasi slackware. saya berasumsi bahwa harddisk kita adalah kosong, belum diisi oleh distro atau OS apa pun. untuk membuatnya ketiklah cfdisk di prompt tersebut lalu enter
root@slackware: cfdisk
6. buatlah partisi-partisi yang diperlukan. slackware pada dasarnya hanya perlu 2 partisi utama saja. yaitu partisi / dan partisi swap. Harap diingat ukuran partisi swap minimum 2x besar memory anda.
7. jika selesai, jangan lupa untuk menandai / dengan label boot dan pilih menu write untuk menulis konfigurasi baru anda. lalu quit
8. berikutnya konfigurasi instalasi. ketik setup dan enter
9. beberapa menu instalasi akan muncul. beberapa yang penting adalah sbb:
a. add swap (tidak perlu dibuka karena melalui cfdisk sudah dibuatkan swapnya, slackware akan membaca otomatis partisi swap ini, kecuali jika anda mempunyai 2 buah partisi swap yang berbeda)
b. add target (masuk ke menu ini untuk menentukan partisi mana tempat installasi slackware)
c. setelah mengisi add target, menu akan berlanjut dengan menentukan partisi lain (jika ada) untuk di load nanti setelah slackware terinstall. biasanya akan ditempatkan di /mnt. atau anda bisa menggunakan partisi2 yang berbeda untuk beberapa folder standar di slackware seperti folder /home atau /usr.
10. setelah melalui tahapan-tahapan tersebut, akan tampil pilihan program2 yang akan diinstal di slackware. biarkan saja jika anda belum mengerti apa saja isinya. dan anda bisa memilih full untuk instalasi ini. ukuran totalnya hanya membutuhkan kira-kira 4,5 giga saja.
11. maka instalasi akan berlangsung. anda boleh ngopi atau ke warung dulu untuk jajan. proses ini biasanya memakan waktu 20-30 menit tergatung kecepatan prosesor anda.
12. setelah selesai proses instalasi, slackware akan menanyakan tentang boot manager yang digunakan yaitu lilo. pilih untuk install di MBR agar memudahkan proses booting. selain lilo slackware juga menanyakan tentang beberapa program yang akan dijalankan ketika booting. biarkan saja secara default tidak perlu dirubah.
13. jika sudah maka slackware akan kembali ke prompt dengan petunjuk supaya kita merestart komputernya.

dan selesailah sudah instalasi slackwarenya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar